Sunday, November 23, 2014

DAFTAR FUNGSI TEKS

Daftar Fungsi Pada Kelompok Teks


Nama Sintaks Deskripsi
1. KONVERSI
CHAR =CHAR(nomor_kode) Menghsilkan karakter dari suatu 'nomor_kode' untuk komputer anda.
CLEAN =CLEAN(teks) Mengambil string pada teks dengan menghilangkan semua karakter yang tidak dapat diprint.
CODE =CODE(teks) Menghasilkan nomor kode pada komputer anda untuk karakter pertama 'teks'.
DOLLAR =DOLLAR(bilangan, desimal) Mengubah suatu 'bilangan' menjadi string teks dalam format 'currency'.
FIXED =FIXED(bilangan_desimal, jumlah_desimal) Membulatkan bilangan desimal ke bilangan dengan 'jumlah_desimal' sesuai yang dispesifikasikan; dalam bentuk string.
LOWER =LOWER(teks) Mengubah semua karakter di dalam suatu 'teks' menjadi huruf kecil (lower case).
PROPER =PROPER(teks) Mengubah teks menjadi 'proper case', yaitu huruf pertama setiap kata diubah menjadi huruf besar dan huruf lainnya pada kata tersebut menjadi huruf kecil.
TEXT =TEXT(bilangan, teks_format) Mengubah suatu 'bilangan' menjadi teks dengan format teks sesuai yang dispesifikasikan pada 'teks_format'.
TRIM =TRIM(teks) Menghilangkan kelebihan spasi diantara kata demi kata di dalam suatu 'teks', kecuali satu spasi antara yang memisahkan kata-kata di dalam teks tersebut.
UPPER =UPPER(teks) Mengubah semua karakter di dalam 'teks' menjadi huruf besar ('uper case').
VALUE =VALUE(string_bilangan) Mengubah suatu teks yang berupa string bilangan menjadi bilangan.
2. PENCARIAN DAN EKSTRAKSI
FIND =FIND(teks_cari, pada_teks [,nomor_pos_awal]) Mencari suatu teks di dalam teks lainnya mulai dari nomor posisi karakter di dalam 'pada teks'. Jika 'nomor_pos_teks' tidak dispesifikasi, pencarian akan dimulai dari karakter pertama. FIND akan menghasilkan nomor posisi karakter yang pertama dijumpai sama dengan 'teks_cari'.
LEFT =LEFT(teks, jumlah_krakter) Memgambil string palng kiri dari suatu 'teks' sebanyak 'jumlah_karakter' yang dispesifikasikan.
MID =MID(teks, nomor_pos_mulai, jumlah_karakter) Mengambil karakter-karakter di dalam suatu 'teks' sebanyak 'jumlah_karakter', dimulai dari posisi karakter yang dispesifikasikan pada 'nomor_pos_mulai'.
REPLACE =REPLACE(teks, jumlah_karakter, nomor_pos_mulai, string_pengganti) Mencari karakter-karakter di dalam 'teks' sebanyak yang dispesifikasikan pada 'jumlah_karakter', pada posisi karakter dimulai dari 'nomor_pos_mulai' untuk digantikan dengan 'string_pengganti'.
RIGHT =RIGHT(teks, jumlah_karakter) Mengambil karakter-karakter paling kanan di dalam suatu 'teks' sebanyak yang dispesifikasikan pada 'jumlah_karakter'.
SEARCH =SEARCH(teks_cari, dalam_teks, nomor_pos_mulai) Menghasilkan nomor posisi karakter di dalam suatu teks yang sama dengan 'teks_cari'. Proses pencarian dimulai dari 'nomor_pos_mulai' dan proses penyamaannya bersifat case sensitive', yaitu huruf besar berbeda dengan huruf kecil.
SUBSTITUTE =SUBSTITUTE(pada_teks, teks_diganti, teks_pengganti) Mencari suatu teks yang dispesifikasikan pada 'teks_diganti' yang berada di dalam suatu teks untuk digantikan dengan 'teks_pengganti'.
3. PERBANDINGAN
EXACT =EXACT(teks1, teks2) Membandingkan 2 string teks dan menghasilkan TRUE jika sama; sebaliknya menghasilkan FALSE. EXACT bersifat 'case sensitif', yaitu huruf besar berbeda dengan huruf kecil.
T =T(nilai) Menguji apakah 'nilai' berupa string atau berupa bilangan. Bila berupa string, Fungsi T akan menghasilkan string tersebut, tapi bila berupa bilangan, string kosong ("") yang akan dihasilkan.
4. LAINNYA
CONCATENATE =CONCATENATE(teks1, teks2 [,teks3] [,...]) Menggabungkan dua atau beberapa string teks ke dalam satu string teks.
LEN =LEN(teks) Menghasilkan jumlah karakter yang berada pada suatu 'teks'.
REPT =REPT(teks, jumlah_penggandaan) Menggandakan suatu 'teks' sebanyak yang dispesifikasikan pada 'jumlah_penggandaan'.
Catatan : parameter yang di apit oleh tanda [ ] artinya bersifat optional, yaitu bisa tidak dimasukkan. Dalam hal tidak dimasukkan, fungsi akan menggunakan nilai defaultnya.